Untuk lebih lengkapnya saya mendapatkan referensi mengenai "List
of search usability guidelines" dari http://www.userfocus.co.uk/resources/searchchecklist.html , yang akan menjabarkan mengenai kegunaan dari fasilitas "search" pada sebuah website.
1. Pada umumnya, pencarian yang dilakukan pada mesin pencarian
tidak dapat berupa operator operator Boolean.
2.
Halaman hasil pencarian menampilkan apa yang pengguna cari
dan menampilkan kata kunci sebelumnya pada search box agar dapat diubah, serta
dapat melakukan pencarian baru.
3.
Hasil dari pencarian tersebut secara jelas merupakan sesuatu
yang berguna dan sesuai dengan apa yang user cari, dan berurutan sesuai dengan
keterkaitan dengan kata kunci yang dimasukkan sebelumnya.
4.
Halaman hasil pencarian memperjelas berapa banyak hasil pencarian
yang didapatkan dari kata kunci yang sebelumnya dimasukkan, serta memberitahu
berapa banyak jumlah halaman terkait dengan pencarian tersebut.
5. Jika pencarian yang dilakukan tidak memberikan hasil, sistem
pencarian tersebut memberikan pembenaran dari kata kunci yang dimaksud oleh
user.
6.
Sebuah mesin pencarian sanggup menangani query kosong
sekalipun.
7.
Query yang ada, dapat menampilkan hasil pencarian yang
berguna bagi pengguna.
8. Mesin pencarian melingkupi template, contoh-contoh pencarian, dan petunjuk penggunaan mesin
pencarian tersebut secara efektif.
9.
Sebuah situs lebih baik menyediakan sebuah pilihan menu
pencarian lain yang memungkinkan untuk membantu pengguna memberikan pembenaran
dari pencarian yang mereka lakukan. (biasanya dinamai dengan "revise
search" atau "refine search", not "advanced search").
10.
Sebuah halaman yang menampilkan hasil pencarian tidak
menampilkan hasil ganda.
11.
Search box harus memiliki
tempat yang cukup panjang untuk memasukkan kata-kata yang cukup panjang.
12.
Sebuah situs menampilkan halaman pencarian secara utuh, tidak
setengah atau beberapa bagian dari halaman situs tersebut.
13.
Jika sebuah situs mengijinkan pengguna untuk mengatur
pencarian yang rumit, pencarian ini dapat disimpan dan dieksekusi pada basis
regular.
14.
Tampilan search terletak
di tempat yang dapat dengan mudah dicari oleh para user. Biasanya terletak di pojok kanan atas dari sebuah halaman
web.
15. Search box harus berlabel,
karena jika ada tempat pencarian lain, dapat membuat pengguna bingung.
16.
Sebuah situs harus memudahkan orang yang ingin melakukan
pengamatan atau yang ingin melakukan pencarian.
17.
The scope of the
search tergambarkan dengan
jelas pada sebuah halaman pencarian, dan pengguna dapat membatasi jangkauan
tersebut.
18.
Hasil pencarian menampilkan informasi-informasi pelengkap,
seperti ukuran dari dokumen yang berkaitan dengan hasil pencarian, tanggal dokumen
tersebut dibuat, dan jenis dari berkas yang berkaitan dengan kata kunci yang
bersangkutan.
19.
Mesin pencarian dengan otomatis melakukan pengecekan ejaan,
bentuk jamak dari kata yang yang diketik, serta sinonimnya.
20. Sebuah mesin pencarian menyediakan pilihan lain seperti kata
lain atau kata pembenaran dari kata yang dimaksud oleh pengguna.
Selanjutnya, saya akan mencoba untuk menganalisis fungsi search pada sebuah halaman web. kali ini adalah komifo.go.id
Ketika kita
sebagai user ingin mencari kata kunci di sebuah halaman web, maka kita langsung
mencari “search box” yang biasanya terletak di sebelah kanan atas halaman web.
Hal tersebut merupakan hal yang sudah umum tersedia pada setiap halaman web.
Sehingga membuat para penggunanya selalu mencari “search box” pada kanan atas
sebuah halaman web. Kata kunci yang ingin dicari oleh para user, bertujuan agar user dapat mengetahui mengenai informasi dari
kata kunci yang telah dimasukkan ke dalam search box tersebut. Informasi yang
ditampilkan setelah menge-klik tombol search tersebut biasanya berupa sebuah
halaman yang berisikan dengan beberapa artikel yang terkait dengan kata kunci
yang telah dimasukkan.
Pada website
kominfo yaitu kominfo.go.id, menyediakan sebuah menu search yang terletak di
tempat sebagai mana search box itu umumnya berada.
Namun, pada saat mengisi search box dengan kata kunci “telekomunikasi”,
maka yang keluar adalah tampilan seperti berikut:
tampilan di atas dapat membuat bingung para
penggunanya.
Kesulitan yang mungkin dihadapi pengguna situs ini antara
lain, dikarenakan kata yang kita cari tidak diberi penekanan khusus (dalam hal
ini kata yang dicari tidak diberi efek bold),
dan berapa banyak result yang
didapatkan dari kata kunci yang dicari pun tidak ditampilkan, gambar-gambar
yang ditampilkan pun sepertinya bukan sesuatu yang pengguna cari (karena
sesungguhnya yang dicari adalah informasinya, kalaupun disertakan dengan sebuah
foto, sebaiknya ukurannya tidak terlalu besar.), isi artikel terkait kata kunci
yang dicari pun terlalu banyak (hampir melebihi 5 baris), kotak pencarian
khusus halaman hasil pencarian juga tidak terdapat dalam halaman ini, pengguna
diharuskan untuk melakukan pencarian dengan mengisi kotak pencarian di kanan
atas, serta kata yang kita cari tidak ditampilkan lagi di atas hasil pencariannya.
Kekurangan-kekurangan tersebut membuat penggunanya menjadi kesulitan untuk
mencari informasi yang dibutuhkan.
Walaupun
halaman ini tidak menampilkan path di
mana pengguna tersebut berada saat itu, terdapat penunjuk bahwa penggunanya
sedang berada di halaman hasil pencarian “telekomunikasi”. Penunjuk tersebut
berada pada kotak url di browser.
kurang lebih nya dari yang saya maksud di atas dan berdasarkan dari referensi yang saya sudah cantumkan dari http://www.userfocus.co.uk/resources/searchchecklist.html , tampilan halaman pencarian yang saya maksud seperti yang di bawah ini:
Daftar Pustaka



Tidak ada komentar:
Posting Komentar