Selasa, 05 Desember 2017

Persiapan Umrah (26 November 2017 - 4 Desember 2017)


Siapa yang menyangka kalau tahun 2017 ini bisa mendapat panggilan Allah untuk bertandang ke tanah suci Nya? So.... cuti kali ini saya manfaatkan dengan melakukan Liburan - Ibadah Umrah.
Berdasarkan pengalaman orang tua saya agar bisa fokus melaksanakan ibadah di tanah suci, sebaiknya berangkat saat iklim nya bersahabat. Alhasil ibadah di saat musim dingin-lah yang kami pilih.
Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi*
Ka'bah - Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi*
*) Sumber: kamera hp sendiri 😃

Perjalanan ibadah kami diawali dengan melakukan step-step berikut:
  1. Pesan Paket Umrah menggunakan jasa travel haji dan umrah yang terpercaya dengan fasilitas yang sesuai dengan budget (25 - 30 juta rupiah).
    Biasanya jasa travel haji dan umrah menyediakan 2 (dua) jenis paket perjalanan yaitu, Paket Umrah Reguler, dan Paket Umrah Plus. Paket Umrah Reguler berisikan rangkaian perjalanan ke Kota Madinah dan Kota Makkah. Secara umum, kegiatan yang dilakukan tidak jauh dari ibadah, dan mengunjungi situs-situs sejarah islam di dua kota tersebut. Sedangkan, Paket Umrah Plus berisikan rangkaian perjalanan ke kota Madinah, Makkah, dan ke Negara Islam lain seperti Turki, Dubai, dan Palestina.
    Nah.. karena tujuan kami hanya untuk beribadah dan kebetulan budget pas-pas-an (alias dibayarin), maka hanya Paket Umrah Reguler yang dipilih.

  2. Pilih tanggal keberangkatan di musim dingin.
    Kebetulan jasa travel yang kami pilih menyediakan perjalanan musim dingin selama 9 (sembilan) hari dari tanggal 26 November - 4 Desember 2017.
    Musim dingin di Arab Saudi tidak seperti musim dingin di negara-negara Barat sana ya... Di Arab Saudi suhu di bawah 30 derajat, sudah termasuk musim dingin. Maklum... gurun. hehe.
    Jadi, jangan bawa coat atau jaket berbulu tebal. Karena, suhu nya kurang lebih sama dengan di Indonesia. Bedanya, tidak se-lembab di Indonesia. Justru yang perlu dibawa yaitu pelembab kulit. Karena kulit akan sangat kering saat musim dingin di sana.

  3. Persiapkan dokumen untuk keberangkatan Umrah.
    Kelebihannya menggunakan jasa travel untuk keberangkatan ibadah umrah dan/atau haji yaitu, tidak perlu repot mengurus ini dan itu. Karena dokumen yang dibutuhkan, akan dibantu sepenuhnya oleh jasa travel itu sendiri. Yang penting, punya paspor dengan minimal 3 (tiga) nama / suku kata. Maksudnya, [Nama_depan] [Nama_tengah] [Nama_Belakang/Nama_Keluarga]. Kemudian, harus punya pasfoto terbaru ya, dan untuk perempuan harus berhijab. Selain itu, untuk memenuhi syarat pemerolehan visa dari negara Arab Saudi, maka sebelum berangkat umrah diwajibkan untuk melakukan vaksin influenza, dan vaksin meningitis.

  4. Menghadiri manasik umrah.
    Sebagai jamaah yang baru pertama kali melakukan ibadah umrah ke tanah suci, maka menghadiri manasik umrah merupakan hal yang wajib saya lakukan supaya ada bayangan mengenai apa yang perlu dilakukan dan tidak dilakukan di sana.

  5. Persiapan yang perlu dibawa (wanita).
  • Mukena (cukup atasannya saja) / jilbab syar'i.
  • Kaos kaki secukupnya. Kaos kaki ini sebagai penutup aurat area kaki. Karena tujuannya meminimalkan isi koper, jadi bawahan mukena tidak perlu dibawa-bawa, cukup pakai kaos kaki saja.
  • Pembalut (untuk jaga-jaga), tapi sebaiknya sebelum berangkat agar dipastikan bahwa tidak akan haid ya... kalau seandainya akan haid, maka tidak ada salahnya untuk minum pil penghambat haid. Karena akan sangat disayangkan jika ibadah nya jadi terbatas karena haid 😢
  • Baju syar'i secukupnya.
  • Sandal / rubber slippers. Kenapa sandal dibutuhkan? jawabannya supaya lebih mudah untuk mobilisasi dari hotel ke masjid, dan dari masjid ke toilet, dan yang pasti... bahan dari rubber slippers anti air. hehe
  • Alat make up seminim mungkin, karena niat nya ibadah, jadi tidak perlu pakai make-up, toh nantinya kehapus karna sering wudhu... wajah akan lebih bersinar kalau pakai air wudhu yakan? 😅
  • Sunblock. Walaupun musim dingin, namanya daerah gurun mataharinya tetap terik. Supaya tidak langsung menyengat kulit, sebaiknya kulit dilapisi sunblock dulu ya.
  • Body Lotion / Moisturizer ini untuk melindungi kulit yang nantinya akan kering karna suhu dingin area gurun. hehe
  • Gunting kecil (ditaruh di koper, supaya tidak disita oleh petugas bandara). Gunting kecil ini nantinya digunakan untuk Tahalul saat umrah nanti atau dalam bahasa Indonesia artinya potong rambut.
→→→ selanjutnya akan diceritakan mengenai perjalanan yang saya lakukan 😊 (wait for the next post)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

dress up games